Total Pageviews

Thursday, October 19, 2006

potter, potter, potter

potter; mrs. potter's lullaby.
ini judul lagu. punya counting crows. agak aneh juga, kami bertiga bersaudara, saya, anto, nana, semua suka kelompok band ini. agak aneh juga, saya (dan nana), dengan jilbab di kepala, suka dengan musik seperti ini. apalagi di usia yang seperti ini (harusnya masa itu sudah lewat, kata beberapa teman!:((!). apalagi dalam bulan suci ini, mungkin harusnya dengar nasyid, kasidahan, tartil. mungkin karena kekepalabatuan saya yang parah, saya ngotot saja mendengarnya. mungkin juga karena liriknya enak dan agak sinis. musiknya sedikit keras tapi tetap ada unsur mellownya, walaupun dalam versi mereka sendiri. bercampur country, itu pasti. sejatinya kelompok band asal amerika, tetap mengusung unsur khas amerika; country. musik country adalah tipikal musik amerika dengan segala atribut amerika; cowboy, topi cowboy, kuda, tali lasso, sepatu boot, pistol (ada yang terlupa?). dan lagu ini masuk dalam kotak musik yang saya set sendiri dalam kepala, yang setia setiap hari mengantar kemana kaki melangkah, disamping Mr. Jones dan Omaha. lagu ini sangat berpengaruh dalam keseharian saya; menghibur, bisa juga menyemangati. bukan apa-apa, sok kebaratbaratan, sok modern atau yang lain, menyukai musik tertentu atau pendengar kelompok band tertentu menurutku adalah sebuah pilihan yang sangat personal. privacy, itu mungkin kata yang mewakili. dan agak kurang bijak untuk membaca seseorang dengan menghubungkan personal orang tersebut dengan hal lain dalam hidupnya. menurut anda?

potter; harry potter.
ini nama karakter. dari sebuah sekuel yang dicipta J.K. Rowling.dia digambarkan sebagai seorang remaja belasan tahun, berkacamata bundar, tampan, berambut hitam, berdomisili di sebuah suburb di London bersama paman, bibi dan sepupunya yang semua tidak menyukainya, dengan sebuah tanda halilintar di dahinya. hingga kini sudah 7 serial yang beredar. pasti anda familiar dengannya. anakanak saya sangat menyukai karakter ini(saya menyempatkan diri juga membacanya, sampai bapak saya mengira saya ingin menjadi anakanak lagi (padahal iya!:D)), mengoleksi dvd dan novelnya (walaupun versi Inggrisnya belum dapat), sampai kaos dan stationary kits. beberapa mahasiswa saya malah tertarik menulis skripsi tentang karakter beserta novelnya, dan meminta saya menjadi pembimbing mereka. pengaruh harry potter sangat luas terhadap pembacanya, apalagi anakanak. bahkan hingga ke sisi psikologis mereka (satu dari bimbingan saya meneliti tentang hal tersebut). sebuah situs pendidikan untuk anakanak dengan berbagai fasilitas; game, puzzle, dan sebagainya, memuat respon anak-anak dalam hubungannya dengan dampak psikologis mereka terhadap karakter ini.

potter; treespotter.
ini nama blog. http://treespotter.blogspot.com/. awalnya saya temukan blog ini setelah membaca blog andreas harsono. disalahsatu postingan andreas, ada komentarnya. saya juga pernah rolling ke blog aco dan di banyak postingan aco, ada komentar dia. rupanya dia sangat peduli terhadap isuisu nasional, begitupun yang populer. blognya hitam, penuh tulisan, baik kutipan tulisan orang, tulisan dia sendiri, maupun fasilitas-fasilitas blog lain yang selalu ditawarkan pada blogger. orang ini rupanya sangat suka menulis, dan satu ciri khas dia; amat suka mengutip kalimatkalimat yang menurutnya berhubungan dengan postingan yang ditulisnya saat itu. saat saya membolakbalik halaman blognya, belum semua postingan tentang dirinya yang saya baca, saya dapati diri saya amat menyukai style dia menulis. narrative essay, mungkin itu genrenya dalam penulisan, atau esai yang mencakup semua; deskriptif, naratif, argumentatif. apapun itu.dan, fyi, tulisan dia pun akhirnya mempengaruhi tulisan-tulisanku (dalam bahasa Inggris).
Kembali lagi, semua postingan ditulis dalam bahasa Inggris,sehingga saya mengambil kesimpulan dia sangat pasti seorang asing. ekspatriat atau semacamnya. bahasanya pun, adalah bahasa yang sangat canggih untuk ukuran saya. mungkin jika dia mengikuti tes kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, aka IELTS atau TWE, misalnya, dia akan peroleh score tinggi (ya, tentu saja karena dia seorang penutur asing, asumsi saya waktu itu). secara kesukaanku pada tulisan dia, blognya ku link tanpa permisi (eh, begitu juga dengan beberapa blog dalam sidebarku seperti aco patunru dan punya andreas harsono, ku link saja tanpa izin! LOL!toh tidak ada undang-undang yang mengatur hal ini, bukan begitu yak?!).
nah, suatu ketika saya mencek imel yang masuk di inbox dan mendapatkan sebuah dari dia. kenapa? pasti pertanyaan ini mengusik. kok bisa? ya, karena kesalahanku dalam menafsirkan bahasa yang dipakai Neruda (ini kaitannya dengan postinganku tentang penggalan puisi Neruda yang jadi banner dalam skin baru blog ini). waktu itu tuan ini hanya memberi tahu "Neruda menulis dalam bahasa Spanyol, bukan dalam bahasa Italia" (dalam bahasa Inggris, pastinya). dan kubalas terima kasih beserta perasaan malu yang sangat atas kebodohanku itu (anyway, is it really true the poem is in Spanish? anyone out there? will you help?

No comments: